Cara Memilih Ukuran Helm Motor Ideal untuk Pria dan Wanita

Sebelum membeli helm motor, ada hal penting yang harus diperhatikan, yakni memilih ukuran helm yang sesuai dengan ukuran kepala. Jangan sampai salah membeli ukuran, sehingga terasa longgar atau terlalu sempit saat dipakai.

Berikut Mediapost.id membagikan tips dan trik memilih ukuran helm motor yang pas untuk pria dan wanita:

Cara Memilih Ukuran Helm Motor

Ukur dengan Tali Ukur

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengukur lingkar kepala dengan tali ukur. Ambil tali ukur, dan ukur bagian kepala di atas telinga atau alis. Jika kesulitan, minta bantuan orang terdekat.

BACA JUGA:   Begini Cara Tag Orang di Instagram Photo, Story, dan Reel

Cek Langsung Saat Membeli

Alternatif lain adalah dengan mengecek langsung saat membeli helm motor. Cari toko yang memiliki ukuran helm lengkap, dan coba-coba untuk memastikan ukuran yang sesuai dengan ukuran kepala.

Sesuaikan dengan Brand Helm

Setiap brand memiliki ukuran yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk memperhatikan ukuran sesuai dengan brand yang dipilih. Bisa mengecek ukuran pada website atau toko resmi dari brand tersebut.

Jangan Terlalu Longgar atau Sempit

Pilihlah ukuran helm yang tidak terlalu longgar atau terlalu sempit. Ukuran yang pas akan membuat nyaman saat mengendarai motor dan memastikan perlindungan bagi kepala saat terjadi insiden.

Jenis Helm Sepeda Motor yang Tepat untuk Perlindungan Maksimal

Sebagai pengendara sepeda motor, memilih jenis helm yang tepat merupakan hal yang sangat penting. Tak hanya ukuran yang perlu diperhatikan, jenis helm juga harus dipilih sesuai dengan kebutuhan. Terdapat beberapa jenis helm sepeda motor yang dapat kamu pilih, seperti off-road, cetok, half face, open face, dan full face. Berikut adalah pembahasan lebih detail tentang masing-masing jenis helm.

BACA JUGA:   Cara Menambah Follower Twitter dengan mudah

1. Helm Off-road atau Cross Helmet

  • Helm ini sangat direkomendasikan bagi pengendara sepeda motor trail atau cross.
  • Bentuknya yang khusus didesain untuk melindungi area kepala dan wajah sangat baik.
  • Materialnya lebih keras dan tahan lama, cocok untuk jalanan off-road.

2. Helm Cetok atau Shorty Helmet

  • Cocok untuk pengendara naked bike klasik atau skuter.
  • Desain tempurung yang mirip membuat melindungi kepala tidak maksimal.
  • Kurang cocok untuk sport touring, sport bike, atau motor matic.

3. Helm Half Face

  • Direkomendasikan bagi pengendara matic.
  • Dilengkapi dengan kaca penutup wajah dan mulut.
  • Pilihlah helm dengan kualitas standar nasional.

4. Helm Open Face

  • Desain kacamata membuat melindungi wajah tidak maksimal.
  • Cocok untuk pengendara motor klasik.
  • Memiliki corak dan warna yang lebih playful.

5. Helm Full Face

  • Direkomendasikan bagi pengendara motor sport.
  • Desain yang menutup seluruh wajah hingga dagu sangat aman.
  • Dilengkapi dengan kaca penutup mata.
BACA JUGA:   Cara Memperbaiki Facebook Tidak Memuat Gambar

Kesimpulannya, memilih jenis helm sepeda motor yang tepat merupakan hal yang penting untuk perlindungan maksimal. Pertimbangkan jenis aktivitas dan kebutuhanmu sebelum membeli helm. Jangan tergiur dengan harga murah atau desain yang unik, karena kualitas dan keselamatan harus menjadi prioritas utama.

Fungsi Helm Motor

Helm motor merupakan salah satu pelindung kepala yang penting saat mengendarai motor. Fungsinya untuk meredam guncangan dan meminimalkan risiko cedera saat terjadi insiden kecelakaan.

Ada berbagai jenis helm yang dibuat untuk berbagai keperluan, seperti helm olahraga, militer, dan keselamatan bekerja. Gunakanlah helm yang sudah sesuai dengan Standar Negara Indonesia (SNI), agar bisa melindungi kepala dengan baik.

Material Helm Motor

Material helm motor biasanya dirancang khusus menggunakan bahan keras seperti kevral, metal, plastic, atau serat resin. Bahan-bahan ini dipakai agar helm kuat dan tahan saat terkena benturan atau guncangan.

Pentingnya Ukuran Helm yang Sesuai

Sudah jelas, bahwa ukuran helm yang sesuai sangat penting bagi keselamatan pengendara motor. Baik itu bagi perempuan atau pun laki-laki, ukuran yang tepat akan membuat pengendara merasa nyaman dan bebas untuk berkendara.

BACA JUGA:   Cara mengubah foto menjadi gambar Graffiti

Tak hanya itu saja, ukuran yang sesuai akan membuat helm dapat berfungsi secara maksimal dalam melindungi kepala pengendara. Selain itu, ukuran yang sesuai juga akan membuat pengendara merasa nyaman dan bebas untuk bergerak, sehingga tidak akan mempengaruhi konsentrasi saat berkendara.

Jika ukuran helm terlalu kebesaran, maka dapat menyebabkan helm bergeser saat berkendara, sehingga tidak dapat melindungi dengan baik. Sebaliknya, jika ukuran terlalu kecil, maka akan membuat pengendara merasa tidak nyaman dan kesulitan untuk bernapas.

Oleh karena itu, sebaiknya membeli helm yang sesuai dengan ukuran kepala dan memperhatikan kualitasnya. Jangan hanya membeli hanya karena harga yang murah, karena hal tersebut justru akan membahayakan diri sendiri saat berkendara.

Bagi perempuan, biasanya ukuran helm yang mereka butuhkan lebih kecil dibandingkan dengan laki-laki. Namun, tidak semua perempuan memiliki ukuran kepala yang kecil, oleh karena itu perlu mengukur ukuran kepala secara tepat sebelum membeli helm.

BACA JUGA:   Cara mengubah foto menjadi gambar Graffiti

Untuk pria, biasanya ukuran helm yang mereka butuhkan lebih besar dibandingkan dengan perempuan. Namun, tidak semua pria memiliki ukuran kepala yang besar, oleh karena itu perlu mengukur ukuran kepala secara tepat sebelum membeli helm.

Akhir Kata

Dengan memperhatikan tips dan cara memilih ukuran helm yang sesuai di atas, diharapkan pengendara motor bisa membeli helm yang sesuai dengan ukuran kepala dan membuat berkendara lebih aman. Jangan pernah mengabaikan hal ini, karena keamanan adalah hal yang paling penting saat berkendara.